Review keyboard, headset, mouse gaming low budget terbaik

Apa itu Mechanical Keyboard? Apa Bedanya dengan Normal Keyboard?

Mungkin saat ini lu baru saja mendengar istilah yang cukup asing yakni mechanical keyboard dan mulai bertanya-tanya, apa sih mechanical keyboard itu? apa yang spesial? apa bedanya dari sebuah keyboard biasa? Iya kan? Di kesempatan kali ini gue mau coba untuk bahas hal ini nih, jadi coba kita lihat bersama-sama.

Apa itu Mechanical Keyboard? Apa Bedanya dengan Normal Keyboard?

Apa itu mechanical keyboard? keyboard jenis ini adalah keyboard yang memiliki individual switch di setiap masing-masing tuts yang ada di keyboard tersebut sehingga lu akan merasakan sensasi menggunakan keyboard yang berbeda dibanding saat lu menggunakan normal keyboard (membrane keyboard)

Mechanical keyboard oleh sebagian besar orang dianggap lebih unggul daripada normal keyboard, yang utama adalah feel ketika kita menggunakan keyboard tersebut, hal-hal lainnya yang membedakan antara keyboard mechanical dan biasa adalah adanya sejenis spring yang pada saat kita menekan sebuah tuts, maka akan memberikan sebuah efek tekanan balik yang bisa kita rasakan di jari.

Hal utama dari sebuah keyboard mechanical adalah adanya switch tadi, di Indonesia kita dapat menemui beberapa jenis mechanical switch yang memiliki kode-kode warna tersendiri. Misalnya Cherry MX Red yang memiliki suara yang keras dan ringan ketika ditekan, Cherry MX Black dan Blue memiliki karakter dan suara yang keras ketika ditekan, sedangkan Cherry MX Brown kebalikannya, jenis ini memiliki karakter ringan dan suara yang dihasilkannya ringan pula.

Apa itu Mechanical Keyboard? Apa Bedanya dengan Normal Keyboard?
Cherry MX switch


"Lalu, apakah mechanical keyboard lebih baik dari normal keyboard?"

Jawabannya tentu ya, karena mechanical keyboard memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh normal keyboard. Mechanical keyboard jelas akan lebih unggul dari segi keawetan (tuts di mechanical keyboard bisa bertahan hingga 50 juta ketukan, sedangkan normal keyboard hanya 10 juta) lalu adanya fitur Anti-ghosting yang sangat-sangat membantu kita lu mengetik atau bermain game, fitur ini membuat sebuah keyboard dapat menerima beberapa input secara bersamaan.

Kelebihan lainnya adalah desain yang dimiliki mechanical keyboard jauh lebih menarik ketimbang keyboard normal, lu bisa mengcustomize tuts-tuts yang ada di keyboard mechanical dengan mudah tanpa repot sesuai keinginan lu. Ya, lu bisa dengan mudah mencopot dan memasang tuts-tuts yang ada di keyboard mechanical. Hal ini juga memudahkan kita untuk membersihkan debu-debu yang ada di dalam keyboard mechanical sehingga meminimalisir resiko rusaknya keyboard ini. Belum lagi adanya fitur backlight LED yang bakal sangat-sangat keren. Utamanya keyboard mechanical ber-LED RGB yang bisa memunculkan 3 warna sekaligus dan bisa bergantian mengitari keyboard tersebut.

Kekurangan utama dari keyboard jenis mechanical adalah harganya yang cukup mahal, bila dibandingkan dengan normal keyboard, harga mechanical keyboard bisa berkali-kali lipat. Harga mechanical keyboard paling murah saat ini ada di kisaran 500 ribuan, bandingkan dengan keyboard biasa yang bisa lu dapatkan mulai dari 50 ribuan saja.

"Apakah gue harus beralih ke mechanical keyboard?"

Jawabannya tentu ada di dirimu sendiri, jika lu merupakan orang perduli akan sensasi, kenyamanan ketika menggunakan keyboard. Maka mechanical keyboard rasanya cocok untuk lu. Terlepas dari itu, keawetan mechanical keyboard yang baik juga sudah bisa menjadi alasan mengapa lu perlu beralih ke mechanical keyboard kok.

Itu dia perbedaan antara mechanical keyboard dan normal keyboard beserta keunggulan-keunggulannya. Tulisan diatas merupkan opini gue pribadi, jika lu punya opini lain, silahkan lu tuliskan itu di kolom komentar ya gaes. Thank you
0 Comments